https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KESULITAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKIAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP | Wahyuni | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KESULITAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKIAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP

I’anatul Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive dan snowball. Instrumen penelitian berupa soal/tes materi bangun ruang sisi datar, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesulitan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal materi kubus dan balok terletak pada: a) Kesulitan dalam menerapkan prinsip. Untuk kesulitan dalam menerapkan prinsip dapat dilihat dari kesulitan siswa saat menggambar, siswa belum mampu mengambarkan kubus dan balok dengan arah yang benar, tidak mampu menamai gambar dengan nama yang ditentukan, menghitung angka berbentuk akar, siswa bingung saat menghitung angka dalam bentuk akar dan tidak terbiasa, dan saat siswa mencari hal-hal yang belum diketahui dalam soal, siswa belum mampu mencari diagonal sisi dan diagonal ruang yang belum diketahui b) Kesulitan dalam mempelajari konsep. Kesulitan dalam mempelajari konsep dapat dilihat saat siswa menggambar, siswa belum mampu menggambarkan diagonal sisi dan diagonal bidang dan saat siswa mencoba menyelesaikan soal sampai dengan menyimpulkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.